Kumpulan Status Tentang Dermaga

Tentang Dermaga

1/
Kau mungkin tak menyadari bahwa dermaga beku itulah yang setia menantimu. Telinga dan mata diutusnya agar selalu awas pada suara dan lintas keadaan. Meskipun bunyi hanya sekilas tanda, dan kejadian hanyalah sekejap tatap muka. Namun ia -dermaga itu- selalu berharap bahwa yang tiba mendekat sebagai perahu adalah dirimu. Bukan kesunyian, bukan semu pengharapan, dan bukan pula detik yang sia-sia pada waktu menunggu.
2/
Dermaga itu memang tak lagi percaya pada sinar di lampu mercusuar. Sebab baginya, semua pendar tak pernah mengarahkanmu untuk sampai kepadanya. Mungkin kau menyimpan kompas ganda yang jarum-jarumnya menunjuk arah ke mana kau harus berada. Tetapi celakanya kau justru melupakan peta yang harus dibawa dan meninggalkannya tepat di garis samudera.

Katakan! Jika kau tersesat, dermaga itu harus mencarimu ke mana?
3/
Apakah yang di kejauhan itu siluet tubuhmu? Tanya dermaga pada kesiur angin, deburan ombak, dan anomali cuaca di hasyiah samudera. Namun ternyata semua yang nampak hanyalah sebuah tipuan optik untuk mata. Mungkin rindu yang teramat gebu tak bisa ditunaikan selain dengan bertemu. Sementara penantian, pelan-pelan menjadi amuk badai di kedalaman dada.
4/
Desau anginlah suara yang sepadan dengan ratap doa dermaga. Langit menggantung kesunyian, berayun dari hampa ke lengang, dari senyap kepada ketiadaan. Sembari menunggu ia merajut rindunya dari benang-benang tangis yang getas.  "Biar menjadi selendang, jadi penutup bahuku yang mudah terguncang." desisnya. Ketiadaan jadi lanskap yang dekat dengan matanya.

Entah, di manakah waktu menyembunyikanmu, wahai perahu? Kembalilah, jika kau tak ingin melihatnya pergi bersama debur ombak dan kepakan camar. Atau menghilang bersama arus laut yang tak mempunyai akhir dan terus berputar.
Tamat

9 November 2013


posted under |

1 komentar:

Ayu Marpaung mengatakan...

Selalu suka dengan puisimu, twins. Kapan kamu akan menulis puisi untukku???

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Tulisan-tulisan

Followers


Recent Comments